Paket bore up untuk Yamaha Mio sangat luar biasa disambut pecinta adu kebut. Paling ramai yang dilengkapi dengan seher 58,5 mm.
Nah, masuk 2012 mulai bermunculan paket bore up dengan seher ukuran 61 mm. Kalau dipadukan dengan stroke standar Mio 57,9 mm, kapasitas mesin mencapai 169,1 cc atau kalau digenapkan jadi 170 cc.
Paket tinggal pasang 61 mm ini banyak yang bilang lebih aman daripada paket yang menggunakan seher 63,5 mm. Paket seher seukuran Honda Tiger itu lebih dulu muncul. Namun akibat boring terlalu kebesaran, riskan lubang oli yang di crankcase bocor. Selain itu, menggunakan seher 63,5 mm banyak yang ogah karena powernya kelewat besar. Dipakai harian kurang nyaman.
Itu yang membuat paket bore up 61 mm muncul. Kini yang sudah nongol ada merek Pitsbike dan Kawahara. “Dijual dengan harga Rp 800 ribuan. Blok dilapis keramik dan seher dilapis teflon
“Sedangkan merek Kawahara Racing hanya dijual Rp 750 ribuan,”
Khusus pembesut Yamaha Mio yang berencana bore-up tapi mempertahankan peranti orisinalnya agar tetap utuh, bisa aplikasi bore-up kit TDR ini. Selain tinggal pasang, harganya terjangkau, yakni Rp 600 ribu. Isinya; blok mesin, piston berdiameter 58,5 mm, ring piston dan pen piston. Total volume dapur pacu menjadi 155,5 cc.
Cara ini banyak dilakukan Mio-mania yang mau tarikan skutiknya lebih bertenaga, tapi tetap enak dipakai harian maupun perjalanan jauh.
1. Part pertama yang diganti; blok mesin sekaligus piston set dengan paket bore-up TDR. “Pokoknya tinggal plek, tanpa ada rombakan peranti lain,” ujar Juffry Willar, R&D Mitra2000.
2. Penyesuain berikutnya bikin squish head mesin, disesuaikan dengan diameter piston yang sudah bertambah besar.
3. Lantaran masih mengandalkan knalpot standar serta karburator bawaan pabrik, untuk menyesuaikan ubahannya, serta agar suplai bensin lebih optimal, spuyer diganti dengan ukuran lebih besar.
4. “Oh ya, kalau beli paketannya di sini sekaligus pemasangan, cukup tambah ongkos Rp 100 ribu. Bonus lubangi engine cover, biar hawa panas dari mesin lebih lancar. Itu kalau mau, kalau tidak juga enggak papa,” tawar Juffry.
5. Nah, setelah paket bore-up dipasang, tunggangan dites menggunakan dynamometer DYNAmite
6. Dari grafik tercatat power maksimalnya 8,776 dk/8.637 rpm dan torsinya 7,779 dk/6.647 rpm. Sedang kondisi standar, powernya 6,678 dk/8.600 rpm dan torsinya 6,439 dk/6,508 rpm. Berarti ada penambahan power sebesar 2,098 dk dan torsi 1,34 Nm.
Daftar belanjaan:
• Paket bore up 58,5 mm Rp 600 ribu • Ongkos + spuyer Rp 100 ribu•
lokasi dmana nii bos .
BalasHapusmtr gua mau d,bore up nih ama pket 58,5 yg mau gua tau enak ga buat hrian nd prjlanan jauh??? truz dmna tmpat bore upan na
BalasHapusane udah pake seher GL neo tech,carbu pake yang rx king,tapi msh kurang kenceng.malah udh 2x tu seher jebol.
BalasHapusBiar kenceng + kuat Apa z tuh yang mesti di ganti lagi..?
klep gede , cvt pull daleman racing , pengapian racing ..
Hapuspistonnya gl new tech pake clep apa??
BalasHapuskalo mw mtor kencang bikin pake piston racing merk izumi
terus puli di autosol sampai halus pake rorel 9 gram sama per cvt 1000rpm punya tdr...
naikin stroke 3mm
tapi kalo anda mw extrime lagi naikin aja stroke nya jadi 10mm
modal piston izumi sama clep 28/24 + stroke sama perapian dijamin motor mio loh Udah mantap...
mas bro blok cop 150 ada ngak....
BalasHapusBang alamat bengkelnya di mana...
BalasHapustmpat'a dmna itu gan
BalasHapustrus noken as-nya perlu di bubut ngga ?
BalasHapusBang klw pake sher 61CLD head nya seimbangin sma sher trus di pendemin trus klepnya ori klw gt gmna bang
BalasHapusMinta solusi nya bang
gan lokasi bengkel di mana gan ?
BalasHapustolong di jawab
Bisa bos di bikin 58 asalkan oli mesti di liat, karna mesin 58 itu oli mesin jangan sampai abs/tinggal sedikit kami menerima bor up mesin dari 54,55,56,57,58,59,60,61,62 bengkel ane bsa berbagai macam motor
BalasHapus